DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
1.
Secara Umum
a.
Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia dari anak-anak hingga manula.
b. Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
c.
Media
untuk mencari informasi, perkembangan internet yang pesat.
d.
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
e. Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan
lain-lain
f. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
g.
Dengan
internet, kita dapat memperbaharui informasi yang setiap detiknya dapat di
update.
2.
Bidang Pendidikan
a.
Berbagi
hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah
dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.
b.
Konsultasi
dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan
mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
c.
Kelas
online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan
jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
d. Internet
banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Transakasi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang,
pembayaran tagihan.
e.
Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu
pengetahuan
f. Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi
tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
g.
Sistem
pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
3.
Bidang Bisnis/ Usaha
a. SMS
Banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short
Message Service ). Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo,
transfer uang, dan pembayaran tagihan.
b.
E-commerce
adalah perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang
dilakukan dengan memanfaatkan internet.
4.
Bidang Pemerintahan
a. G2C
(government to citizen), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan
masyarakat luas, misalnya melayanai kependudukan dan administrasi.
b. G2B
(government to business), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan dunia
usaha, misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data statistik yang
dibutuhkan pengusaha, dan sebagainya.
c.
G2G
(government to government), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan
lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya, dan
sebagainya.
5.
Bidang Sosial
a.
Sebagai
sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
b.
Untuk
menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
c.
Meningkatkan
informasi kesehatan. Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan
produk setempat.
d.
Mengembangkan
perdagangan melalui e-commerce
6.
Bidang
Sosial dan Budaya
a.
Perbedaan
kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat
bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin,
baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan
perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin
menonjol. Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women: From Liberation to
Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993)
menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin
banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator,
gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
b.
Meningkatnya
rasa percaya diri.
Kemajuan ekonomi di
negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan
ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu
bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan
bangsa-bangsa Asia.
c.
Tekanan,
Kompetisi yang tajam di
pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan
generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
7.
Bidang
Politik
a.
Timbulnya
kelas menengah baru
Pertumbuhan teknologi dan
ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan,
keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas
menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan
menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang
lebih besar.
b.
Proses
regenerasi kepemimpinan.
Sudah barang tentu peralihan
generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang
diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
c.
Di
bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya
regionalisme.
Kemajuan di bidang teknologi
komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan
di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran
tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga
regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.
8.
Bidang
Informasi dan Komunikasi
a.
Kita
akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di
bumi bagian manapun melalui internet.
b.
Kita
dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan
melalui handphone
c.
Kita
mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
9.
Bidang
Ekonomi dan Industri
a.
Pertumbuhan
ekonomi yang semakin tinggi
b.
Terjadinya
industrialisasi.
c.
Produktifitas
dunia industri semakin meningkat
Kemajuan teknologi akan
meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi
industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang
berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas
dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri
akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi
bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung
dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera
individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke
toko.
d.
Persaingan
dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan
pengetahuan yang dimiliki.
Kecenderungan perkembangan
teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan
kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah
tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya,
pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja
yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan
tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
e.
Di
bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran
menjadi komoditi.
Meskipun demikian ada pula
dampak negatifnya antara lain;1. terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang
tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Sifat konsumtif
sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan
generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki
jalan pintas yang bermental “instant”.
DAMPAK
NEGATIF
1.
Bidang
Informasi dan Komunikasi
a.
Pemanfaatan
jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b.
Penggunaan
informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa
disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
c.
Kerahasiaan
alat tes semakin terancam.
Melalui internet kita dapat
memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan
tes psikologi secara langsung dari internet.
d.
Kecemasan
teknologi.
Selain itu ada kecemasan skala
kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus,
kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres
yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
2.
Bidang
Sosial dan Budaya
a.
Kemerosotan
moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
Kemajuan kehidupan ekonomi yang
terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah
menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin
dalam rohani”.
b.
Kenakalan
dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat.
Semakin lemahnya kewibawaan
tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan
tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan
penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama,
kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat
dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu
lintas sampai tindak kejahatan.
c.
Pola
interaksi antar manusia yang berubah
Kehadiran komputer pada
kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi
keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi
siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting
(IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya
sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi
peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet
sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin
banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui
program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan
teman dan orang asing kapan saja.
3.
Bidang
Pendidikan
a.
Kerahasiaan
alat tes semakin terancam.
Program tes inteligensi seperti
tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk..
Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah
sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan
pembocoran melalui internet tersebut.
b.
Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
Kita tahu bahwa kemajuan di
badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi
mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka
orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
c.
Malas
belajar dan Mengerjakan tugas
Penggunaaan komputer juga
menimbulkan dampak negatif dalam dunia pendidikan. Seseorang terutama anak-anak
yang terbiasa menggunakan komputer, cenderung menjadi malas karena mereka
menjadi lebih tertarik untuk bermain komputer dari pada mengerjakan tugas atau
belajar.
d.
Perubahan
Tulisan Tangan
Dengan kemudahan dan kepraktian
yang diberikan oleh komputer, terutama dalam hal menuliskan suatu text, membuat
seseorang cenderung memilih untuk mengetik daripada harus menulis secara
manual. Akibatnya, lama kelamaan seseorang akan mengalami perubahan tulisan,
dari yang dulunya rapi, sampai akhirnya menjadi tulisan yang berantakan dan
sulit dibaca, Hal tersebut karena mereka tidak lagi terbiasa untuk menulis
secara manual.
4.
Bidang
Sosial dan Psikologis
- Individual space meningkat
Meningkatnya
ruang invidual karena telah memperoleh informasi melalui media komunikasi yang
canggih, misalnya internet. Orang akan lebih menyukai duduk di depan computer
yang berinternet daripada bersosialisasi dengan orang lain di dunia nyata.
Dengan demikian, social space akan menyempit dan digusur dengan individual
space tersebut.
- Kecemasan sosial terhadap suatu fenomena meningkat.
Dengan
adanya media komunikasi yang berteknologi tinggi maka informasi akan lebih
cepat menyebar. Contohnya, informasi mengenai wabah flu burung. Sebelum adanya
informasi tersebut, orang tidak takut mengkonsumsi unggas. Namun setelah adanya
informasi yang menyebar dengan cepat mengenai flu burung maka kecemasan sosial
terjadi, yaitu orang merasa takut untuk mengkonsumsi unggas. Begitu juga
fenomena tsunami di Aceh, sehingga setiap kali gempa di beberapa daerah, orang
akan mencari informasi tentang kemungkinan tsunami. Inilah yang menjadi contoh
adanya kepanikan sosial (social anxiety) karena media komunikasi berteknologi
tinggi yang membahana.
- Kebutuhan komersial masyarakat meningkat
Sebagaimana
kita ketahui sebelumnya bahwa media komunikasi yang hi-tech akan mempengaruhi
minat audience dan mempersuasi audience. Oleh karena itu, hal ini digunakan
oleh perusahaan jasa komunikasi dan perusahaan komersial untuk memanfaatkan
sifat konsumerisme masyarakat ini.
- Kriminalitas meningkat
Jika
kita melihat tayangan di TV mengenai informasi atau film tentang kriminalitas
dengan modus yang canggih maka ini sebenarnya merupakan inspirasi bagi pelaku
kejahatan lainnya. Proses meniru tayangan kriminalitas ini yang dikenali
sebagai modeling perilaku kejahatan. Apalagi kalau kita mencermati modus
operandi kejahatan di dunia maya (internet) yang sedang marak maka seolah-olah
mudah sekali melakukan kejahatan yang dibantu dengan media komunikasi
berteknologi tinggi. Masih ingat kasus penipuan melalui e-mail, HP dan
chatting?
- Pemenuhan rasa ingin tahu (need of curiousity)
Sudah
menjadi kodrat manusia diciptakan dengan kekuatan pemikiran yang luar biasa.
Pemikiran ini yang dirangsang dengan rasa ingin tahu atau penasaran yang besar.
Dengan media komunikasi yang berteknologi tinggi, terjawablah rasa penasaran
manusia tentang apapun itu. Semua bisa kita cari di internet dengan menggunakan
kata kunci tertentu. Mudah kan?
- Tehnologi dapat mengurangi kreativitas
Teknologi
yang menjadi alat bantu manusia menjanjikan sejuta efisiensi. Oleh karena itu,
manusia akan menjadi malas karena kemajuan teknologi tersebut. Sebagai misal,
aktivitas copy-paste di mahasiswa akan menjadi budaya plagiat di kemudian hari.
Pada akhirnya kreativitas seseorang dapat menurun jika ia tak pandai
memanfaatkan teknologi untuk pengembangan dirinya.
g. Ketergantungan
Media komputer memiliki
kualitas atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh
penggunanya. Terlalu atraktifnya, membuat penggunanya seakan-akan
menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau
melepaskannya. kita bisa menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan
bermain games yang ada.
h. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga
banyak ditampilkan pada komputer. Karena segi isi pada dunia internet tidak
terbatas, maka para pemilik situs menggunakan berbagai macam cara agar dapat
menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang menunjukan
kekejaman dan kesadisan. Studi eksperimental menunjukkan bahwa ada korelasi
positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan
anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan
pembunuhan. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa games yang di
mainkan di komputer memiliki sifat menghancurkan yang lebih besar dibandingkan
kekerasan yang ada di televisi ataupun kekerasan dalam kehidupan nyata
sekalipun. Hal ini terjadi terutama pada anak-anak. Mereka akan memiliki
kekurangan sensitivitas terhadap sesamanya, memicu munculnya perilaku - perilaku
agresif dan sadistis pada diri anak, dan bisa mengakibatkan dorongan kepada
anak untuk bertindak kriminal seperti yang dilihatnya (meniru adegan kekerasan
i. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Begitu
banyak situs-situs pornografi yang ada di internet, meresahkan banyak pihak
terutama kalangan orang tua yang khawatir anak-anaknya akan mengonsumsi hal-hal
yang bersifat porno. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Ironisnya,
ada situs-situs yang memang menjadikan anak - anak sebagai target khalayaknya.
Mereka berusaha untuk membuat situs yang kemungkinan besar memiliki keterkaitan
dengan anak-anak dan sering mereka jelajahi.
j. Antisocial Behavior
Salah satu dampak yang dapat
ditimbulkan dari penyalahgunaan komputer adalah antisocial behavior. Dimana
pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan
cenderung mengutamakan komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak
peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya, satu - satunya yang dapat menarik
perhatiannya hanyalah komputer saja. Orang akan menjadi lebih jarang
berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal
dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Lama kelamaan, seseorang akan
sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan orang - orang
disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan
dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan sangat
individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi
SUMBER
- http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/09/20/dampak-perkembangan-teknologi-informasi/
- http://yayuk-meongku.blogspot.com/2011/03/dampak-positif-dan-negatif-dari.html
- http://rikinugroho.blogspot.com/2012/06/dampak-positif-dan-negatif-teknologi_24.html
0 komentar:
Posting Komentar